Ini yang Perlu Kamu Ketahui Mengenai Gigi Palsu

Ini yang Perlu Kamu Ketahui Mengenai Gigi Palsu


Purwokerto - Halo, Sobat Harmony. Kali ini, mari kita bahas tentang gigi palsu atau gigi tiruan, karena pertanyaan ini cukup sering dilayangkan kepada Harmony Dental Care. Mari kita mulai dari pengertiannya terlebih dahulu. Pengertian Gigi tiruan atau yang lebih orang kenal dengan gigi palsu adalah gigi yang dokter buat untuk menggantikan gigi yang hilang. Biasanya terbuat dari akrilik (plastik), nilon atau logam. Dan ini bisa kamu lepas. Gigi tiruan bisa kamu pasang tepat di atas gusi sebagai pengganti gigi yang hilang dan untuk mencegah masalah yang bisa terjadi akibat celah dari gigi yang hilang.

Gigi palsu bertujuan untuk menggantikan gigi yang hilang, sehingga masalah yang bisa terjadi akibat adanya celah atau tempat yang kosong bisa kamu hindari. Celah yang ada akibat gigi yang hilang bisa menyebabkan masalah ketika makan dan berbicara.

Selain itu, gigi di kedua sisi celah juga bisa tumbuh ke arah celah tersebut. Dengan menggunakan gigi tiruan, seseorang bisa berbicara dan makan dengan nyaman, serta terhindar dari potensi masalah gigi. 


Manfaat  Gigi Palsu

Berikut manfaat yang bisa kamu peroleh dari pemakaian gigi tiruan bagi orang yang giginya hilang:

1. Meningkatkan kemampuan mengunyah

Gigi yang hilang, apalagi semua gigi, tentu bisa menyulitkan seseorang untuk makan. Dengan menggunakan gigi tiruan, seseorang bisa kembali mengunyah makanan dengan baik yang penting untuk mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan agar tubuh tetap sehat.


2. Meningkatkan kemampuan berbicara

Jika kamu bertanya apa efek pakai gigi palsu, maka salah satu efek penting yang harus kamu tahu adalah kemampuannya untuk mengembalikan kemampuan berbicara dengan jelas pada penggunanya. Ini karena komponen dalam mulut jadi lebih lengkap sehingga proses pelafalan bisa berjalan seperti semestinya.


3. Memperbaiki penampilan

Gigi tiruan bisa menggantikan gigi yang hilang dan juga mengembalikan struktur wajah yang berubah akibat gigi yang hilang. Gigi tiruan memberi dukungan untuk bibir dan pipi, sehingga membuat penampilan lebih muda dan mengembalikan senyumannya.


4. Mengembalikan rasa percaya diri

Tidak hanya membuat berbicara dan makan menjadi sulit, gigi yang hilang juga bisa mengurangi rasa percaya diri seseorang. Nah, dengan menggunakan gigi tiruan, seseorang bisa memiliki kepercayaan diri lagi untuk berinteraksi secara sosial.


Kapan Harus Menggunakan Gigi Palsu?

Untuk menjawab pertanyaan ini, atau apa pun yang ingin sobat harmony tanyakan tentang gigi palsu. Boleh datang langsung ke Harmony Dental Care, ya.



Harmony Dental Care Purwokerto

Jl. Jenderal Soedirman No. 51, Rejasari, Purwokerto Barat

WA : +62 898-2119-191

Instagram : harmonydentalcarepurwokerto

Komentar