Tanda-tanda Kamu Harus Segera Memasang Behel

Tanda-tanda Kamu Harus Segera Memasang Behel

Purwokerto – Ada banyak sekali masalah gigi; karang dan warna kuning di gigi, gigi yang berlubang, ditambah masalah bentuk gigi yang kurang teratur juga problem mulut dan gigi yang perlu segera diatasi. Tahukah, sobat? bahwa semua masalah ini, bisa diatasi dengan satu cara. Yap, pasang behel. Tapi kira-kira kapan ya kita mesti memasang behel? Berikut adalah tanda-tanda sobat harus segera memasang behel.

Sejatinya tujuan utama penggunaan behel atau kawat gigi adalah menyelaraskan hubungan antara gigi dan rahang untuk memberikan kenyamanan dalam pengunyahan ataupun estetika. Kawat gigi juga berfungsi supaya gigi tumbuh di tempat semestinya dan tidak mengganggu gigi dan gusi. Selain itu, pemakaian behel juga bisa menyelaraskan struktur gigi yang berimbas pada kesehatan dan kebersihan rongga mulut. Jarak gigi yang terlalu renggang seperti Long Distance Relationship dapat menjadi tempat sisa makanan menempel dan berkembang menjadi kuman yang membuat gigi infeksi. 


Posisi Gigi Bagian Depan Maju

Salah satu cara untuk mengembalikan posisi bagian depan atau pun bawah yang maju adalah dengan menggunakan behel atau kawat gigi. Banyak kondisi yang menyebabkan bagian gigi depan maju salah satunya adalah sering mengisap jempol pada waktu kecil. Kondisi gigi yang maju ini walaupun, sebenarnya mungkin secara fungsi, tidak menjadi masalah bagi pasien, hanya saja kurang elok secara estetis, dan bisa jadi menganggu kepercayaan diri sobat harmony.


Bentuk Gigi Berantakan sehingga Menimbulkan Radang pada Gusi

Posisi gigi berantakan sehingga pertumbuhannya tidak pada tempatnya dan seringkali menyebabkan radang gusi adalah tanda selanjutnya kalau kamu membutuhkan pemasangan kawat gigi. Kalau kondisi ini dibiarkan terus menerus, bisa menyebabkan radang gusi dan mempengaruhi pertumbuhan gigi selanjutnya. Radang gusi ini terjadi karena posisi gigi yang tidak sesuai atau berantakan serta tumpuk menumpuk, sehingga banyak sisa makanan yang menempel dan tidak dibersihkan secara sempurna, lalu muncullah karang gigi. Salah satu penyebab kenapa posisi gigi berantakan adalah kurangnya perawatan gigi ketika kecil dulu. Membiarkan gigi yang goyang dan sudah waktunya dicabut tapi tidak dicabut juga akan membuat pertumbuhan gigi menjadi tidak teratur. Terlalu lama menunda pencabutan gigi sehingga gigi baru tumbuh padahal gigi lama belum dicabut membuat gigi tumbuh tumpang tindih. Kalau sobat harmony mengalami situasi seperti ini, merupakan tanda harus pasang behel.


Masalah Artikulasi  Bicara

Kondisi gigi berantakan, tumbuh tidak rata dan pertumbuhan tidak sempurna pada gigi ternyata membuat artikulasi bicara menjadi terganggu. Kalau sobat harmony mengalami masalah dengan artikulasi alias mengucapkan sesuatu tidak jelas karena pertumbuhan gigi yang tidak pas, ini mungkin saja menjadi tanda harus pasang behel segera. Masalah ini bisa mengganggu kepercayaan diri saat ngobrol dengan orang, apalagi jika pekerjaan sobat menuntutmu untuk berbicara.


Terakhir, pemasangan kawat gigi lebih baik dilakukan selagi masih muda, mengingat pada usia muda tulang wajah dan rahang masih berkembang. Sehingga, masih bisa mengalami perubahan ke posisi yang lebih baik. Namun, bukan berarti usia dewasa sudah terlambat untuk melakukan pemasangan behel atau kawat gigi. Atau untuk kondisi-kondisi yang bikin kamu penasaran tentang pemasangan behel ini, sobat boleh konsultasi ke Harmony Dental Care Purwokerto ya. 


Harmony Dental Care Purwokerto

Jl. Jenderal Soedirman No. 51, Rejasari, Purwokerto Barat

WA : +62 898-2119-191

Instagram : harmony dentalcarepurwokerto

Supervisi Artikel : drg. Felix Stianto, Sp. Ort.


Sumber foto :

https://www.freepik.com/free-photo/orthodontist-placing-rubber-bands-male-patient-braces_27527625.htm#query=orthodontic&position=1&from_view=search&track=sph

Komentar