Kapan Kondisi Gigi Mesti Ditambal?

Kapan Kondisi Gigi Mesti Ditambal?

Purwokerto - Sobat harmony punya keluhan tentang gigi, dan ingin segera menambal gigi sobat. Tapi, kapan ya, kondisi gigi mesti ditambal?

  1. Ketika gigi selalu tersangkut dan terselip sisa makanan
  2. Ketika gigi ngilu saat terkena gesekan sikat gigi
  3. Ketika gigi yang terasa ngilu saat minum dingin
  4. Ketika gigi memiliki bercak cokelat atau hitam
  5. Ketika tambalan gigi lepas atau patah
  6. Ketika gigi terasa sakit jika mengunyah atau kemasukan makanan
  7. Ketika gigi ngilu jika terkena embusan udara dingin
  8. Ketika gigi patah, cuil, atau gompal

Sobat Harmony merasakan satu atau banyak pertanda di atas? barangkali sobat harus segera menambal gigi. Melansir dari Mouth Healthy – American Dental Association. When a filling needs to be replaced. Tambal gigi dilakukan untuk memperbaiki lubang pada gigi sekaligus dapat mendukung fungsi pengunyahan. Selain itu, penambalan gigi juga berguna untuk memperbaiki bentuk gigi yang hilang atau rusak dan tampilan estetikanya.  Tapi yang palinh penting, manfaat tambal gigi adalah menghentikan perjalanan penyakit karies gigi supaya tidak bertambah parah dan meluas ke gigi lainnya. 

Bahaya Jika Menunda Penambalan Gigi

Berbeda jika kamu melakukan self-medication atau mengobati sendiri dengan painkiller/pereda nyeri. Gejalanya mungkin hilang, tapi penyakitnya tetap berlanjut. Akibatnya, ketika datang ke dokter gigi untuk tambal gigi, kondisi gigi sudah parah dan bisa jadi tidak bisa ditambal langsung. 

Akhirnya kamu harus diberi tambalan sementara ataupun perawatan saluran akar. Tindakan ini sudah pasti memerlukan waktu, usaha, dan biaya yang lebih mahal.


Mengganti Tambalan Sama Pentingnya

Tambalan gigi dapat bertahan sangat lama. Namun, tambalan bisa saja membutuhkan penggantian akibat proses makan, minum, kebiasaan clenching atau mengerat, ataupun kebiasaan menggigit sesuatu yang menyebabkan tambalan gigi rusak. 

Penyebab lainnya gigi harus ditambal ulang adalah adanya bakteri yang dapat menyebabkan lubang gigi baru.

Tambalan gigi yang sudah aus, patah, retak, atau lepas dapat meninggalkan celah di antara gigi dan tambalan, serta meninggalkan lubang yang terbuka 

Celah tersebut merupakan jalan masuk untuk bakteri ke dalam gigi. Kondisi ini akan sulit dibersihkan hanya dengan menyikat gigi atau lainnya. Tambalan gigi yang rusak sering tidak dirasa oleh pasien. Itulah mengapa penting untuk memeriksa gigi rutin ke dokter gigi. Kerusakan tambalan gigi sebenarnya sudah bisa dideteksi sejak dini. Dokter gigi akan memeriksa apakah tambalan gigi masih baik kontak dan tepinya, ada yang patah atau aus, ataupun terdapat bercak cokelat pertanda karies gigi baru di sekeliling tambalan.  


Kalau sudah terdeteksi ada kerusakan pada gigi maupun tambalan gigi, itulah tanda gigi yang harus ditambal. Jangan tunggu sampai muncul rasa sakit ataupun gigi benar-benar rusak parah. 


Terkadang masih banyak masyarakat yang menomorduakan kesehatan gigi. Bila sakit, minum obat pereda nyeri kerap dijadikan langkah penanganannya. Padahal, rasa sakit itu adalah tanda kamu harus memeriksakan gigi.  Kemudian, keluhan ringan seperti ngilu saat minum dingin atau mengunyah makanan sebenarnya juga tanda awal tambal gigi perlu dilakukan.


Semakin cepat dilakukan, perawatan gigi yang harus ditambal akan semakin mudah, cepat, dan tidak sakit. Untuk tahu lebih lanjut seputar tambal gigi, kamu bisa konstultasi ke Harmony Dental Care Purwokerto ya.


Harmony Dental Care Purwokerto

Jl. Jenderal Soedirman No. 51, Rejasari, Purwokerto Barat

WA : +62 898-2119-191

Instagram : harmonydentalcarepurwokerto

Komentar